No
|
Level Pengetahuan
|
KD
|
Indikator
|
Formatif Assesment
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Pengetahuan
Faktual
|
KD
:
Memahami hakikat fisika
dan prinsip-prinsip
pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
|
·
Menyebutkan fenomena yang berkaitan dengan alat ukur
yang digunakan pada kehidupan sehari-hari
|
Soal
uraian singkat
1.
Tuliskan berbagai macam
contoh alat ukur yang kalian ketahui ?
2.
Alat ukur apa yang
digunakan untuk mengukur massa ?
Soal pilihan
jamak
1.
Diperoleh data alat ukur sebagai berikut :
Manakah
yang dapat digunakan untuk mengukur panjang
?
A.
1,2,3
B.
2,3
C.
3,5
D.
3,4,5
E.
Semua Benar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Menjelaskan perbedaan alat ukur yang berkaitan dengan
fisika dan alat ukur pada kehidupan
|
Soal Essay
1.
Alat ukur manakah di bawah ini yang merupakan alat ukur
baku ? Berikan alasan !
-jengkal
-penggaris
-meteran
-lengan
-kaki
Jawab
: ………………………………………
………………………………………
………………………………………
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Pengetahuan
Konseptual
|
KD:
Mengevaluasi prinsip kerja
peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari
|
Menjelaskan Hukum Ohm
|
Soal Pilihan Jamak
1.
Hasil
bagi antara beda potensial antara ujung-ujung penghantar dan kuat arus yang
melaluinya dinamakan
A.
Hambatan
B.
Tegangan
C.
Kuat
Arus
D.
Voltase
E.
Sumber
Tegangan
Soal uraian
1.
Daftar
dibawah ini menyatakan hubungan antara kuat arus (I), hambatan listrik (R),
dan Tegangan (V).
Dari daftar dapat disimpulkan bahwa kuat arus listrik
………………………………………….
…………………………………………………
…………………………………………………
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mendefinisikan prinsip hambatan
pada ujung-ujung kawat penghantar
|
Soal
Fill in the blank
1.
Hambatan
listrik suatu kawat pengahantar adalah: sebanding dengan panjang kawat dan
_____________ serta berbanding terbalik dengan __________ dan ______________.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Pengetahuan
Prosedural
|
KD:
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki karakteristik rangkaian listrik
|
Menemukan hubungan antara kuat arus dan beda potensial
|
Soal Pilihan
Jamak
1.
Jika alat dan
bahan yang tersedia hanya voltmeter, amperemeter, catu daya, satu
buah resistor yang belum diketahui nilainya, dan Kabel pengubung.
Maka prosedur
percobaan yang dapat dilakukan untuk mengetahui nilai tahanan dari resistor
tersebut adalah
1.
Menghubungkan resistor ke Catu Daya
2.
Mengukur
tegangan pada resistor secara seri
3.
Mengukur kuat
arus pada resistor secara parallel
4.
Mengukur
tegangan pada resistor secara parallel
5.
Mengukur kuat
arus pada resistor secara seri
6.
Mengganti
nilai tegangan masukan pada catu daya dengan nilai lain
7.
Mengukur
hambatan resistor
Agar data yang
diperlukan mencukupi, maka prosedur percobaan yang benar adalah
A.
1,4,5,6,7
B.
6,5,4,1
C.
1,3,4,6,7
D.
7,6,5,4
E.
2,3,4,5,6,7
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menemukan hubungan antara hambatan dan panjang kawat
penghantar
|
Soal Essay
1.
Tuliskan
langkah-langkah dalam mencari hubungan antara hambatan dan panjang kawat
penghantar melalui percobaan !
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Pengetahuan
Metakognisi
|
KD
:
Menerapkan hukum-hukum pada
fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Menjelaskan
tentang konsep hukum pascal.
2. Mendeskprisikan
tentang hukum archimedes
3. Mengaplikasikan
penerapan hukum pacal dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menerapkan
prinsip hukum archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
|
Soal Menjodohkan
Gunakan pilihan berikut untuk
menjodohkan dengan pernyataan di bawahnya !
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Home »
PEMBELAJARAN SAINS
,
PERKULIAHAN
» Contoh Soal, Assesment Pengetahuan Faktual, Pengetahuan Konseptual, Pengetahuan Prosedural, Pengetahuan Metakognitif Pelajaran Fisika SMA