Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/Semester 2
Tema : Kalor dan
Perpindahannya
Sub Tema :
Perpindahan Kalor: Radiasi
Pertemuan ke :
V (lima)
AlokasiWaktu :
1 x 40 Menit (1 kali tatap muka)
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menguji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.7 Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya
dalam mekanisme menjaga
kestabilan suhu tubuh pada manusia dan
hewan serta dalam kehidupan
sehari-hari.
4.11 Melakukan penyelidikan terhadap cara berisi penambahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi.
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Mendefinisikan
konsep perubahan kalor secara radiasi.
2.
Mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi jumlah kalor yang diterima atau dilepas benda pada
peristiwa radiasi.
3.
Menjelaskan contoh
penerapan radiasi dalam kehidupan sehari – hari.
4.
Melakukan percobaan
mengenai faktor – faktor yang
mempengaruhi kalor suatu benda pada peristiwa radiasi.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa
mampu menjelaskan konsep perubahan kalor secara radiasi dengan benar.
2. Setelah melakukan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi jumlah kalor yang diterima atau dilepas benda pada
peristiwa radiasi dengan tepat.
3. Setelah melakukan studi pustaka dan diskusi,
siswa dapat menjelaskan
minimal dua contoh penerapan radiasi dalam kehidupan sehari – hari dengan benar.
4. Setelah
melakukan diskusi dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat melakukan percobaan
mengenai perubahan materi berdasarkan
sifat fisika dengan tepat.
E.
MATERI AJAR
Ø Radiasi
merupakan perpindahan kalor tanpa memerlukan medium; radiasi dapat menembus
benda bening; radiasi kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik.
Ø Pada peristiwa radiasi ada dua kejadian, yaitu benda yang bersuhu tinggi
melepaskan kalor (meradiasikan kalor) ke lingkungan sekitar dan benda yang
bersuhu rendah menerima kalor (menerima radiasi kalor) dari lingkungan sekitar
yang lebih tinggi suhunya.
Ø Peristiwa
1: Benda bersuhu tinggi dari pada suhu lingkungan:
a)
Makin luas permukaan benda panas, makin besar pula kalor yang
diradiasikan ke lingkungannya.
b)
Makin panas benda dibandingkan dengan panas lingkungan sekitar, makin
besar pula kalor yang diradiasikan ke lingkungannya.
Ø Peristiwa 2: Benda bersuhu rendah dari pada suhu lingkungan:
a)
Makin luas permukaan benda dingin, makin besar pula kalor yang diterima
dari lingkungannya.
b)
Makin rendah suhu benda, makin besar pula kalor yang diterima dari
lingkungannya.
Ø Peristiwa 3: Pengaruh warna terhadap kalor yang dilepas atau diserap dari
lingkungannya.
a)
Makin gelap benda panas, makin besar pula kalor yang diradiasikan ke
lingkungannya.
b)
Makin gelap benda dingin, makin besar pula kalor yang diterima dari
lingkungannya.
Ø Dapat disimpulkan dari ketiga peristiwa tersebut bahwa
: “Kalor yang
diterima atau dilepas pada peristiwa radiasi berbanding lurus dengan emisivitas
benda (bergantung warna benda, semakin gelap semakin besar), luas permukaan
benda, dan pangkat empat suhu mutlak benda”.
Ø Peristiwa radiasi kalor dimanfaatkan dalam
banyak peralatan:
a) Kompor surya, permukaan pemantul panas matahari dibuat mengkilap.
b) Permukaan pemanas air yang memanfaatkan panas matahari (solar heating)
berwarna gelap atau hitam.
c) Warna panci dan peralatan masak lainnya yang
bersentuhan dengan api tidak dibuat mengkilap, tetapi kusam.
d) Baju seragam sekolah umumnya berwarna terang
atau putih.
F.
PENDEKATAN/
METODE/MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi, eksperimen dan diskusi
Model : Cooperative Learning
G.
MEDIA,
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media
·
Laptop
·
LCD
·
Papan tulis
·
Kertas Karton
2.
Alat dan Bahan
·
Lampu Bohlam
·
Plastik : warna hitam,
putih dan merah
·
Tali
·
Kabel
·
Sumber Tegangan
·
Termometer
·
Mistar
·
Kertas tebal
·
Spidol
·
Lilin
·
Wadah lilin
·
Stopwatch
3.
Sumber Belajar
·
Buku sekolah elektronik IPA SMP kelas VII, Kemendikbud 2013
·
Animasi/ilustrasi pembelajaran
·
Artikel dari Internet
H.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
Memotivasi dan Menciptakan situasi (stimulasi)
|
· Mengucapkan salam dan doa sebagai implementasi sifat religius.
· Pengkondisian kelas.
·
Guru
memberi pertanyaan – pertanyaan apresepsi agar merangsang keingintahuan
siswa.
·
Guru menyampaikan
indikator pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan tugas dan pembagian
kelompok
Eksperimen dan observasi
Pengumpulan data dan analisis
Generalisasi
|
·
Guru menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengamati peristiwa radisi dalam kehidupkan sehari – hari agar
dapat mengerti konsep radiasi secara umum.
·
Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok dan
meminta siswa untuk mengamati
, observasi dan melakukan percobaan perpindahan kalor seara radiasi
sesuai LKS agar dapat memahami radiasi secara lebih
dalam.
·
Siswa
melakukan percobaan
terhadap pengaruh luas benda terhadap kalor pada perpindahan kalor secara
radiasi.
·
Siswa
melakukan percobaan
terhadap pengaruh warna benda terhadap kalor pada perpindahan kalor secara
radiasi.
·
Siswa
melakukan pengamatan
terhadap pengaruh suhu benda terhadap kalor pada perpindahan kalor secara
radiasi.
·
Siswa mencatat hasil
pengamatan.
·
Siswa mendiskusikan
hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Lembar Kerja Siswa
(LKS).
·
Siswa membuat
kesimpulan tentang pengamatan yang telah dilakukan.
·
Siswa mengkomunikasikan
fenomena perpindahan kalor secara radiasi dan faktor – faktor yang
mempengaruhinya sesuai hasil observasi dan percobaan.
·
Guru mengelaborasi
lebih lanjut tentang perpindahan
kalor secara radiasi.
|
25 menit
|
3.
|
Penutup
|
Konfirmasi
Refleksi
Penugasan
|
·
Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran.
·
Guru mengevaluasi
penguasaan siswa dengan memberikan pertanyaan evaluasi.
·
Guru dan
siswa merefleksi kegiatan pembelajaran hari ini agar pembelajaran kedepan
lebih baik.
·
Guru memberikan tugas
terkait meteri perpindahan kalor secara radiasi agar
memantapkan dan mengembangkan pemahaman siswa.
|
10 menit
|
I.
PENILAIAN
1.
Metode dan bentuk
instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Lembar
penilaian kinerja dan rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Lembar
tes tertulis dan kunci jawaban
|
2.
Instrumen
a)
Lembar
Pengamatan Sikap (Afektif)
Pengamatan sikap ilmiah
Nama Siswa :
Kelompok :
No Absen :
|
|||||
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1.
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
2.
|
Ketelitian dalam melakukan pengamatan
|
|
|
|
|
3.
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja, baik secara
individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4.
|
Keterampilan berkomunikasi pada
saat belajar
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
|
|
||||
Skor maksimal
|
4 x 3 = 12
|
||||
Nilai Afektif
|
|
Rubrik penilaian
sikap ilmiah
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan rasa ingin tahu terhadap materi belajar dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari
|
·
3 : Menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok.
·
2
: Menunjukkan rasa ingin tahu, namun
tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh.
·
1 : Tidak menunjukkan
antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat.
|
2.
|
Ketelitian dalam melakukan pengamatan terhadap suatu benda atau kejadian
|
·
3
: Menganalisis objek pengamatan dengan
hati-hati dan teliti.
·
2
: Menganalisis objek pengamatan dengan hati-hati dan teliti.
·
1
: Menganalisis
objek pengamatan dengan hati-hati dan
teliti.
|
3.
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
·
3
: Tekun dalam menyelesaikan tugas
dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
·
2
: Berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
·
1
: Tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
|
4.
|
Keterampilan berkomunikasi pada
saat belajar
|
·
3
: aktif dalam tanya jawab, dapat
mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
·
2 : Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
·
1
: Aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide,kurang menghargai
pendapat siswa lain
|
b)
Lembar
penilaian kinerja (Psikomotor)
Nama Siswa :
Kelompok :
No Absen :
|
|||
No.
|
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1.
|
Cara melakukan pengamatan terhadap
fenomena radiasi secara umum melalui alat dan bahan yang disediakan oleh guru.
|
|
·
Skor
3:
Melakukan pengamatan dengan
teliti, tepat dalam memprediksi hasil pengamatan, dan tepat dalam
memposisikan pengamatan
·
Skor
2:
Ada dua aspek yang terpenuhi
·
Skor
1:
Hanya satu aspek yang terpenuhi
|
2
|
Cara melakukan percobaan terkait
pengaruh warna benda (emisivitas)
terhadap jumlah kalor yang dilepas atau diserap pada pristiwa radiasi.
|
|
·
Skor
3:
Melakukan percobaan dengan teliti, tepat
dalam memprediksi hasil pengamatan, dan tepat dalam memposisikan pengamatan
·
Skor
2:
Ada dua aspek yang terpenuhi
·
Skor
1:
Hanya satu aspek yang terpenuhi
|
3
|
Cara melakukan percobaan terkait
pengaruh luas permukaan benda
terhadap jumlah kalor yang dilepas atau diserap pada pristiwa radiasi.
|
|
·
Skor
3:
Melakukan percobaan dengan teliti, tepat
dalam memprediksi hasil pengamatan, dan tepat dalam memposisikan pengamatan
·
Skor
2:
Ada dua aspek yang terpenuhi
·
Skor
1: Hanya
satu aspek yang terpenuhi
|
4
|
Cara melakukan pengamatan
terhadap simulasi pembelajaran terkait pengaruh suhu benda terhadap jumlah
kalor yang dilepas atau diterima pada proses radiasi.
|
|
·
Skor
3:
Melakukan pengamatan dengan
teliti, tepat dalam memprediksi hasil pengamatan, dan tepat dalam
memposisikan pengamatan
·
Skor
2:
Ada dua aspek yang terpenuhi
·
Skor
1:
Hanya satu aspek yang terpenuhi
|
5
|
Cara menyampaikan ulang hasil
studi pustaka tentang penerapan radiasi dalam kehidupan sehari – hari.
|
|
·
Skor
3:
Menyampaikan
dengan kalimat sendiri,
lancar dalam menyampaikan,
dan tepat dalam menyaring inti
permasalahan.
·
Skor
2:
Ada dua aspek yang terpenuhi
·
Skor
1:
·
Hanya satu aspek yang
terpenuhi
|
6
|
Cara menafsirkan data hasil pengamatan.
|
|
·
Skor
3:
Melakukan analisis dan mencoba
mengaitkan antarvariabel yang diselidiki (atau bentuk lain, misalnya
mengklasifikasi).
·
Skor
2:
Melakukan analisis data, namun
tidak melakukan upaya mengaitkan antarvariabel.
·
Skor
1:
Tidak melakukan penafsiran data.
|
7
|
Cara mengomunikasikan data hasil
pengamatan
|
|
·
Skor
3:
Memadukan
hasil tertulis sebagai bagian dari penyajian secara lisan.
·
Skor
2:
Lisan
dan tertulis, namun tidak dipadukan.
·
Skor
1:
Hanya dilakukan secara lisan.
|
Jumlah
skor yang diperoleh
|
|
||
Skor maksimal
|
7 x 3 = 21
|
||
Nilai Psikomotor
|
|
c) Lembar Tes Tertulis (Kognitif)
Soal Tertulis
1.
Perpindahan
Kalor tanpa melalui zat perantara disebut perpindahan kalor secara :
A.
Koveksi
B.
Konduksi
C.
Radiasi
D.
Campuran
2.
Faktor
– faktor yang mempengaruhi perpindahan secara radiasi kecuali,
A. Suhu benda
B. Warna benda
C. Luas permukaan benda
D. Penguapan
3.
Apa
yang dapat anda simpulkan dari gambar berikut [anggap benda berada pada
suhu kamar] :
A. Semakin luas benda yang melepas kalor,
semakin banyak kalor yang dilepas.
B. Semakin sempit benda yang melepas kalor,
semakin banyak kalor yang dilepas.
C. Semakin luas benda yang melepas kalor,
semakin sedikit kalor yang dilepas.
D. Semakin sempit benda yang menerima kalor,
semakin banyak kalor yang diserap
|
4. Gambar manakah yang menunjukkan perbandingan antar 2 buah benda :
semakin kecil suhu benda maka semakin banyak kalor yang diserap [anggap
benda berada pada suhu kamar]
5. Manakah yang lebih cepat kering menjemur kaos hitam yang basah atau
kaos putih yang basah?
A.
Bersamaan waktunya
B.
Kaos putih basah
C.
Kaos hitam basah
D.
Tidak ada hubungannya
|
PERCOBAAN 1 :
Pengaruh Luas Permukaan
Terhadap Jumlah Kalor Yang Diserap
Tentunya kalian sudah paham apa itu
pengertian radiasi dari kegiatan belajar sebelumnya. Pada perpindahan secara
radiasi, benda dapat menyerap atau melepas kalor.
Pikirkan:jika disediakan dua balok es dengan
suhu seperti pada gambar namun dengan luas yang berbeda, pada suhu kamar .
Manakah yang membutuhkan waktu lebih lama agar mencair.
A B
Rumusan
Masalah :
Perhatikanlah gambar di bawah !
Jika
kedua gambar berikut dioleskan margarin dengan ketebalan yang sama lalu di
dekatkan ke lilin yang menyala pada jarak yang sama.
Menurut perkiraanmu dari gambar di atas, gambar manakah yang membutuhkan/ menyerap
kalor lebih banyak agar margarin meleleh sempurna?
Hipotesis :
..............................................................................................
...............................................................................................
..............................................................................................
...............................................................................................
Dari mana kamu mendapatkan
hipotesis ini?
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Tentukan Variabel
Variabel Terikat :
....................................................................................................................................
Variabel Bebas :
....................................................................................................................................
Variabel Kontrol:
....................................................................................................................................
Ayoo sekarang kita mulai untuk kegiatan eksperimen..
A. Tujuan Pengamatan
Mengidentifikasi pengaruh
luas permukaan benda yang menyerap kalor terhadap jumlah kalor yang diserap.
B.
Alat
dan Bahan
Tulislah
alat dan bahan yang disediakan beserta gambar
No
|
Nama Alat dan Bahan
|
Gambar
|
1
|
Kunci : lilin
|
|
2
|
Kunci : kertas kardus dengan luas berbeda
|
|
3
|
Kunci : mistar
|
|
4
|
Kunci : stopwatch
|
|
5
|
Kunci : margarin
|
|
Prosedur
Percobaan
Tulislah prosedur percobaan yang akan kamu lakukan setelah
mendengarkan penjelasan guru!
1. Menyiapkan alat dan bahan
2. Menghitung luas masing – masing kertas kardus dengan menggunakan
mistar.
3. Mengoleskan margarin pada
masing – masing kertas kardus dengan ketebalan yang sama.
4. Mendekatkan masing – masing kertas kardus yang telah diolesin
margarin pada jarak yang sama pada lilin yang menyala.
5. Pada saat didekatkan, sudah mulai menghidupkan stopwatch.
6. Mencatat waktu yang diperlukan margarin pada masing – masing
kardus meleleh sempurna.
7. Membuat analisis dan menyimpulkan
|
C. TABEL PENGAMATAN
No
|
Luas
|
Waktu Meleleh Semuanya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Grafik
Buatlah
grafik percobaan yang telah dilakukan !
|
E. Pembahasan
1.
Dari percobaanmu, apakah
yang kamu rasakan jika telapak tanganmu didekatkan ke lilin yang menyala?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Apa yang dapat kamu amati
jika kertas kardus diolesi margarin, apa wujud margarin saat sebelum didekatkan
ke lilin yang menyala?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Setelah kertas kardus yang
diolesi margarin didekatkan ke lilin yang menyala semakin lama, perubahan apa yang
terjadi pada margarin?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Berdasarkan tabel
pengamatnmu, adakah perbedaan waktu yang diperlukan untuk melelehkan margarin
pada setiap luasan kertas kardus?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.
Berdasarkan pengamatanmu
dan grafik yang kamu buat, urutkan luasan kertas kardus yang diolesi margarin ,
waktu yang diperlukan untuk melelahkan semua margarin dari yang paling lambat
ke yang paling cepat?
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6.
Tentunya kamu sudah
memahami bahwa benda yang terlalu lama dipanasi, berarti benda tersebut ……………… lebih banyak.
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
7.
Berdasarkan amatanmu dan
grafik, urutkan luasan kertas kardus dari yang paling sedikit menerima kalor ke
yang paling banyak menerima kalor?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
8.
Berarti kamu dapat
menyimpulkan hubungan luas benda dengan jumlah kalor yang diserap benda
tersebut.
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
9.
Apakah hipotesismu diterima?mengapa?
__________________________________________________________________________________________________
F. Kesimpulan
Berdasarkan percobaan yang telah kalian
lakukan dan hasil diskusi dengan guru dan temanmu, tulisan kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan
dengan menggunakan bahasamu sendiri.
........................................................................................................................................................................................................................................
Kunci Soal Tertulis
|
sedot disini : http://www.4shared.com/rar/7TZ43OKmba/MUHAMMAD_ANSHORY_1113022034__P.html
1 comments:
Mantap kali kau bikin perangkat bang