Home » » PEMBELAJARAN SAINS 1 : PERPINDAHAN KALOR SECARA RADIASI

PEMBELAJARAN SAINS 1 : PERPINDAHAN KALOR SECARA RADIASI


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan                              : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran                                    : IPA
Kelas/Semester                                    : VII/Semester 2
Tema                                                   : Kalor dan Perpindahannya
Sub Tema                                            : Perpindahan Kalor: Radiasi
Pertemuan ke                                      : V (lima)
AlokasiWaktu                                     : 1 x 40 Menit (1 kali tatap muka)

A.      KOMPETENSI INTI
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mencoba, mengolah, dan menguji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.7  Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari.
4.11 Melakukan penyelidikan terhadap cara berisi penambahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi.
C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.         Mendefinisikan konsep perubahan kalor secara radiasi.
2.         Mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi jumlah kalor yang diterima atau dilepas benda pada peristiwa radiasi.
3.         Menjelaskan contoh penerapan radiasi dalam kehidupan sehari – hari.
4.         Melakukan percobaan mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi kalor suatu benda pada peristiwa radiasi.


D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu menjelaskan konsep perubahan kalor secara radiasi dengan benar.
2.      Setelah melakukan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi jumlah kalor yang diterima atau dilepas benda pada peristiwa radiasi dengan tepat.
3.      Setelah melakukan studi pustaka dan diskusi, siswa dapat menjelaskan minimal dua contoh penerapan radiasi dalam kehidupan sehari – hari dengan benar.
4.      Setelah melakukan diskusi dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat melakukan percobaan  mengenai perubahan materi berdasarkan sifat fisika dengan tepat.




E.       MATERI AJAR
Ø  Radiasi merupakan perpindahan kalor tanpa memerlukan medium; radiasi dapat menembus benda bening; radiasi kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik.
Ø  Pada peristiwa radiasi ada dua kejadian, yaitu benda yang bersuhu tinggi melepaskan kalor (meradiasikan kalor) ke lingkungan sekitar dan benda yang bersuhu rendah menerima kalor (menerima radiasi kalor) dari lingkungan sekitar yang lebih tinggi suhunya.
Ø  Peristiwa 1: Benda bersuhu tinggi dari pada suhu lingkungan:
a)      Makin luas permukaan benda panas, makin besar pula kalor yang diradiasikan ke lingkungannya.
b)      Makin panas benda dibandingkan dengan panas lingkungan sekitar, makin besar pula kalor yang diradiasikan ke lingkungannya.
Ø  Peristiwa 2: Benda bersuhu rendah dari pada suhu lingkungan:
a)      Makin luas permukaan benda dingin, makin besar pula kalor yang diterima dari lingkungannya.
b)      Makin rendah suhu benda, makin besar pula kalor yang diterima dari lingkungannya.
Ø  Peristiwa 3: Pengaruh warna terhadap kalor yang dilepas atau diserap dari lingkungannya.
a)      Makin gelap benda panas, makin besar pula kalor yang diradiasikan ke lingkungannya.
b)      Makin gelap benda dingin, makin besar pula kalor yang diterima dari lingkungannya.
Ø  Dapat disimpulkan dari ketiga peristiwa tersebut bahwa : “Kalor yang diterima atau dilepas pada peristiwa radiasi berbanding lurus dengan emisivitas benda (bergantung warna benda, semakin gelap semakin besar), luas permukaan benda, dan pangkat empat suhu mutlak benda.
Ø  Peristiwa radiasi kalor dimanfaatkan dalam banyak peralatan:
a)      Kompor surya, permukaan pemantul panas matahari dibuat mengkilap.
b)      Permukaan pemanas air yang memanfaatkan panas matahari (solar heating) berwarna gelap  atau hitam.
c)      Warna panci dan peralatan masak lainnya yang bersentuhan dengan api tidak dibuat mengkilap, tetapi kusam.
d)     Baju seragam sekolah umumnya berwarna terang atau putih.

F.     PENDEKATAN/ METODE/MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan          : Scientific
Metode                 : Observasi, eksperimen dan diskusi
Model                   : Cooperative Learning

G.      MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1.         Media
·           Laptop
·           LCD
·           Papan tulis
·           Kertas Karton

2.         Alat dan Bahan
·           Lampu Bohlam
·           Plastik : warna hitam, putih dan merah
·           Tali
·           Kabel
·           Sumber Tegangan
·           Termometer
·           Mistar
·           Kertas tebal
·           Spidol
·           Lilin
·           Wadah lilin
·           Stopwatch


3.         Sumber Belajar
·           Buku sekolah elektronik IPA SMP kelas VII, Kemendikbud 2013
·           Animasi/ilustrasi pembelajaran
·           Artikel dari Internet

H.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
Memotivasi dan Menciptakan situasi (stimulasi)
·       Mengucapkan salam dan doa sebagai implementasi sifat religius.
·       Pengkondisian kelas.
·       Guru memberi pertanyaan – pertanyaan apresepsi agar merangsang keingintahuan siswa.
·       Guru menyampaikan indikator pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
5  menit
2.
Kegiatan Inti
Pembahasan tugas dan pembagian kelompok
















Eksperimen dan observasi

















Pengumpulan data dan analisis





Generalisasi

·      Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan  yaitu mengamati peristiwa radisi dalam kehidupkan sehari – hari agar dapat mengerti konsep radiasi secara umum.
·         Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok dan meminta siswa untuk mengamati , observasi dan  melakukan percobaan perpindahan kalor seara radiasi sesuai LKS agar dapat memahami radiasi secara lebih dalam.

·       Siswa melakukan  percobaan terhadap pengaruh luas benda terhadap kalor pada perpindahan kalor secara radiasi.
·       Siswa melakukan  percobaan terhadap pengaruh warna benda terhadap kalor pada perpindahan kalor secara radiasi.
·       Siswa melakukan  pengamatan terhadap pengaruh suhu benda terhadap kalor pada perpindahan kalor secara radiasi.


·         Siswa mencatat hasil pengamatan.
·         Siswa mendiskusikan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Lembar Kerja Siswa (LKS).

·         Siswa membuat kesimpulan tentang pengamatan yang telah dilakukan.
·         Siswa mengkomunikasikan fenomena perpindahan kalor secara radiasi dan faktor – faktor yang mempengaruhinya sesuai hasil observasi dan percobaan.
·         Guru mengelaborasi lebih lanjut tentang perpindahan kalor secara radiasi.
25 menit
3.
Penutup
Konfirmasi






Refleksi




Penugasan
·         Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
·         Guru mengevaluasi penguasaan siswa dengan memberikan pertanyaan evaluasi.
·         Guru dan siswa merefleksi kegiatan pembelajaran hari ini agar pembelajaran kedepan lebih baik.
·         Guru memberikan tugas terkait meteri perpindahan kalor secara radiasi agar memantapkan dan mengembangkan pemahaman siswa.
10  menit

I.         PENILAIAN
1.         Metode dan bentuk instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Tes Unjuk Kerja
Lembar penilaian kinerja dan rubrik
Tes Tertulis
Lembar tes tertulis dan kunci jawaban

2.         Instrumen
a)        Lembar Pengamatan Sikap (Afektif)
Pengamatan sikap ilmiah
Nama Siswa  :
Kelompok     :
No Absen      :
No.
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1.
Rasa ingin tahu




2.
Ketelitian dalam melakukan pengamatan




3.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja, baik secara individu maupun berkelompok




4.
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar




Jumlah skor yang diperoleh

Skor maksimal
4 x 3 = 12
Nilai Afektif

Rubrik penilaian sikap ilmiah
No.
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu terhadap materi belajar dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari
·            3  :  Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok.
·            2 :   Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh.
·            1 :   Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
2.
Ketelitian dalam melakukan pengamatan terhadap suatu benda atau kejadian
·           3 :   Menganalisis objek pengamatan dengan hati-hati dan teliti.
·           2 :   Menganalisis objek pengamatan dengan hati-hati dan teliti.
·           1 :   Menganalisis objek pengamatan dengan hati-hati dan teliti.
3.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
·            3 :   Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
·            2 :   Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
·            1 :   Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4.
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar
·           3 :   aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
·           2 :   Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
·           1 :   Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide,kurang menghargai pendapat siswa lain




b)       Lembar penilaian kinerja (Psikomotor)
Nama Siswa  :
Kelompok     :
No Absen      :
No.
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1.
Cara melakukan pengamatan terhadap fenomena radiasi secara umum melalui alat dan bahan yang disediakan oleh guru.























·           Skor 3:
Melakukan pengamatan dengan teliti, tepat dalam memprediksi hasil pengamatan, dan tepat dalam memposisikan pengamatan
·           Skor 2:
Ada dua aspek yang terpenuhi
·           Skor 1: 
Hanya satu aspek yang terpenuhi
2
Cara melakukan percobaan terkait pengaruh warna benda (emisivitas) terhadap jumlah kalor yang dilepas atau diserap pada pristiwa radiasi.

·           Skor 3:
Melakukan percobaan dengan teliti, tepat dalam memprediksi hasil pengamatan, dan tepat dalam memposisikan pengamatan
·           Skor 2:
Ada dua aspek yang terpenuhi
·           Skor 1: 
Hanya satu aspek yang terpenuhi
3
Cara melakukan percobaan terkait pengaruh luas permukaan benda terhadap jumlah kalor yang dilepas atau diserap pada pristiwa radiasi.

·           Skor 3:
Melakukan percobaan dengan teliti, tepat dalam memprediksi hasil pengamatan, dan tepat dalam memposisikan pengamatan
·           Skor 2:
Ada dua aspek yang terpenuhi
·           Skor 1:  Hanya satu aspek yang terpenuhi
4
Cara melakukan pengamatan terhadap simulasi pembelajaran terkait pengaruh suhu benda terhadap jumlah kalor yang dilepas atau diterima pada proses radiasi.

·           Skor 3:
Melakukan pengamatan dengan teliti, tepat dalam memprediksi hasil pengamatan, dan tepat dalam memposisikan pengamatan
·           Skor 2:
Ada dua aspek yang terpenuhi
·           Skor 1: 
Hanya satu aspek yang terpenuhi
5
Cara menyampaikan ulang hasil studi pustaka tentang penerapan radiasi dalam kehidupan sehari – hari.

·           Skor 3:
Menyampaikan dengan kalimat sendiri, lancar dalam menyampaikan, dan tepat dalam menyaring inti permasalahan.
·           Skor 2:
Ada dua aspek yang terpenuhi
·           Skor 1: 
·           Hanya satu aspek yang terpenuhi
6
Cara menafsirkan data hasil pengamatan.

·           Skor 3:
Melakukan analisis dan mencoba mengaitkan antarvariabel yang diselidiki (atau bentuk lain, misalnya mengklasifikasi).
·           Skor 2: 
Melakukan analisis data, namun tidak melakukan upaya mengaitkan antarvariabel.
·           Skor 1: 
Tidak melakukan penafsiran data.
7
Cara mengomunikasikan data hasil pengamatan

·           Skor 3: 
Memadukan hasil tertulis sebagai bagian dari penyajian secara lisan.
·           Skor 2: 
Lisan dan tertulis, namun tidak dipadukan.
·           Skor 1: 
Hanya dilakukan secara lisan.
Jumlah skor yang diperoleh

Skor maksimal
7 x 3 = 21
Nilai Psikomotor














c)    Lembar Tes Tertulis (Kognitif)
       Soal Tertulis
1.       Perpindahan Kalor tanpa melalui zat perantara disebut perpindahan kalor secara :
A.      Koveksi
B.      Konduksi
C.      Radiasi
D.     Campuran
2.       Faktor – faktor yang mempengaruhi perpindahan secara radiasi kecuali,
A.      Suhu benda
B.      Warna benda
C.      Luas permukaan benda
D.      Penguapan
3.       Apa yang dapat anda simpulkan dari gambar berikut [anggap benda berada pada suhu kamar] :
A.      Semakin luas benda yang melepas kalor, semakin banyak kalor yang dilepas.
B.      Semakin sempit benda yang melepas kalor, semakin banyak kalor yang dilepas.
C.      Semakin luas benda yang melepas kalor, semakin sedikit kalor yang dilepas.
D.      Semakin sempit benda yang menerima kalor, semakin banyak kalor yang diserap

4.       Gambar manakah yang menunjukkan perbandingan antar 2 buah benda : semakin kecil suhu benda maka semakin banyak kalor yang diserap [anggap benda berada pada suhu kamar]
5.       Manakah yang lebih cepat kering menjemur kaos hitam yang basah atau kaos putih yang basah?
A.      Bersamaan waktunya
B.      Kaos putih basah
C.      Kaos hitam basah
D.      Tidak ada hubungannya

 
PERCOBAAN 1 :
Pengaruh Luas Permukaan Terhadap Jumlah Kalor Yang Diserap
Tentunya kalian sudah paham apa itu pengertian radiasi dari kegiatan belajar sebelumnya. Pada perpindahan secara radiasi, benda dapat menyerap atau melepas kalor.
Pikirkan:jika disediakan dua balok es dengan suhu seperti pada gambar namun dengan luas yang berbeda, pada suhu kamar . Manakah yang membutuhkan waktu lebih lama agar mencair.
2b.JPG        2b.JPG
          A                              B
Rumusan Masalah :
Perhatikanlah gambar di bawah !

    
Jika kedua gambar berikut dioleskan margarin dengan ketebalan yang sama lalu di dekatkan ke lilin yang menyala pada jarak yang sama.
Menurut perkiraanmu dari gambar di atas, gambar manakah yang membutuhkan/ menyerap kalor lebih banyak agar margarin meleleh sempurna?

Hipotesis          : ..............................................................................................
...............................................................................................
.............................................................................................. ...............................................................................................
Dari mana kamu mendapatkan hipotesis ini?
.................................................................................................................................... ....................................................................................................................................
Tentukan Variabel
Variabel Terikat :
....................................................................................................................................
Variabel Bebas :
....................................................................................................................................
Variabel Kontrol:
....................................................................................................................................
Ayoo sekarang kita mulai untuk kegiatan eksperimen..
A.   Tujuan Pengamatan

Mengidentifikasi pengaruh luas permukaan benda yang menyerap kalor terhadap jumlah kalor yang diserap.

B.   Alat dan Bahan
Tulislah alat dan bahan yang disediakan beserta gambar
No
Nama Alat dan Bahan
Gambar
1
Kunci : lilin
2
Kunci : kertas kardus dengan luas berbeda
3
Kunci : mistar
4
Kunci : stopwatch
5
Kunci : margarin
Prosedur Percobaan
Tulislah prosedur percobaan yang akan kamu lakukan setelah mendengarkan penjelasan guru!
1.     Menyiapkan alat dan bahan
2.    Menghitung luas masing – masing kertas kardus dengan menggunakan mistar.
3.    Mengoleskan margarin pada  masing – masing kertas kardus dengan ketebalan yang sama.
4.    Mendekatkan masing – masing kertas kardus yang telah diolesin margarin pada jarak yang sama pada lilin yang menyala.
5.    Pada saat didekatkan, sudah mulai menghidupkan stopwatch.
6.    Mencatat waktu yang diperlukan margarin pada masing – masing kardus meleleh sempurna.
7.    Membuat analisis dan menyimpulkan









C.   TABEL PENGAMATAN
No
Luas
Waktu Meleleh Semuanya
















D.   Grafik

Buatlah grafik percobaan yang telah dilakukan !













E.   Pembahasan
1.     Dari percobaanmu, apakah yang kamu rasakan jika telapak tanganmu didekatkan ke lilin yang menyala?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.    Apa yang dapat kamu amati jika kertas kardus diolesi margarin, apa wujud margarin saat sebelum didekatkan ke lilin yang menyala?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.    Setelah kertas kardus yang diolesi margarin didekatkan ke lilin yang menyala semakin lama, perubahan apa yang terjadi pada margarin?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.    Berdasarkan tabel pengamatnmu, adakah perbedaan waktu yang diperlukan untuk melelehkan margarin pada setiap luasan kertas kardus?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.    Berdasarkan pengamatanmu dan grafik yang kamu buat, urutkan luasan kertas kardus yang diolesi margarin , waktu yang diperlukan untuk melelahkan semua margarin dari yang paling lambat ke yang paling cepat?
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6.    Tentunya kamu sudah memahami bahwa benda yang terlalu lama dipanasi, berarti benda tersebut  ……………… lebih banyak.
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
7.    Berdasarkan amatanmu dan grafik, urutkan luasan kertas kardus dari yang paling sedikit menerima kalor ke yang paling banyak menerima kalor?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
8.    Berarti kamu dapat menyimpulkan hubungan luas benda dengan jumlah kalor yang diserap benda tersebut.
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
9.    Apakah hipotesismu diterima?mengapa?
__________________________________________________________________________________________________





F.   Kesimpulan
Berdasarkan percobaan yang telah kalian lakukan dan hasil diskusi dengan guru dan temanmu, tulisan kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan dengan menggunakan bahasamu sendiri.
........................................................................................................................................................................................................................................


































































Kunci Soal Tertulis
 






 sedot disini : http://www.4shared.com/rar/7TZ43OKmba/MUHAMMAD_ANSHORY_1113022034__P.html

1 comments:

Mantap kali kau bikin perangkat bang

© 2015. Information Center - Template by Creating Website Modified by Blog Si Ryan
Proudly powered by Blogger